Jumat, 11 Juni 2010

Kesehatan Kerajaan tersembunyi

Menjaga lebih baik dari pada mengobati, nasihat ini mengandung pendidikan yang sangat mendalam betapa penting menjaga kesehatan baik lahir maupun batin. Dalam pandangan Imam Ali bin Abi thalib kw, kesehatan pada hakikatnya merupakan Kerajaan yang tersembunyi, orang sehat akan memiliki kemampuan melakukan aktivitas ibadah, menjaga keutuhan negara, melakukan dakwah, mengabdikan diri pada ibu pertiwi dan hal positif lainnya.

Rasulullah SAW, mengajarkan banyak hal tentang kesehatan. Umpamanya jangan makan terlalu kenyang, karena terlalu kenyang membuat orang malas beraktivitas. Puasalah sebagai mana puasa Nabi Daud As, jika sekarang puasa, besoknya tidak berpuasa, ingatlah sering melakukan puasa membuat badan seseorang sehat. Ketika bangun malam untuk melakukan shalat tahajud, hiruplah dalam-dalam udara segarnya, karena dalam udara sepertiga malam mengandung obat untuk berbagai penyakit. membiasakan berjalan dengan menggunakan sandal atau sepatu, karena di bawah kaki terdapat pori-pori yang dapat dimasuki sumber penyakit semisal cacing tanah, jika tanpa alas mudah dimasukinya. Dan banyak lain kebiasaan yang diajarkan Rasulullah SAW untuk kita teladani.

Ketika makan Rasulullah SAW tidak pernah lupa berdoa ketika memulai dan mengakhirinya, Rasul pun selalu menggunakan tiga jari tanpa sendok dan menjilatinya ketika usai makan sebelum dibasuhnya. Sebagaimana di tuturkan Ka'ab bin Malik ra.

Hadis di buku hadis shohih bukhori muslim hal 184

عَنْ كَعْبِ ابْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَلَ:

رَأَيْتُ رَسُوْ لَ اللهِ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:يَأْكُلُ

بِثَلاَثِ أَصَابِعَ فَاءِذَ افَرَغَ لَعِقَهَا (رواةملم)

Artinya : Dari Ka'ab bin Malik ra mengatakan : Aku melihat Rasulullah SAW, makan dengan menggunakan tiga jarinya, dan jika telah selesai makan maka beliau menjilat jari-jarinya. (HR. Bukhari dan Muslim)

Apa yang dilakukan Rasulullah SAW, sebagaimana di ketahui, bahwa dalam telapak tangan mengandung zat asam yang dapat mengurai makanan sehingga mempermudah proses pencernaan di dalam lambung,

Jika kita senantiasa menjaga kesehatan dengan pola hidup bersih, namun penyakit datang juga, tak perlu risau penyakit itu sebagai rahmat dan kifarat atas kesalahan kita, sebagaimana sabda Rasulullah SAW.

Artinya. Tidak ada seorang muslim pun yang terkena penyakit, termasuk tertusuk duri atau lebih dari itu, kecuali Allah SWT, akan menghapuskan kesalahan-kesalahannya, bagaikan daun yang berguguran dari pohonnya. (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, berupayalah untuk menjaganya, kalau tidak di awali dari diri kita kapan lagi.

Tidak ada komentar: